Kamis, 31 Mei 2012

Teman2.. Anemia jangan dianggap remeh

Share on :
Anda mudah lelah? Nafas pendek? Dan jantung anda suka berdetak sangat cepat?  Jika iya, kemungkinan anda sedang terkena anemia. Tanda tanda fisik orang yang terkena anemia antara lain kulit, bibir, lidah, kelopak mata bagian bawah, telapak tangan dan kuku jari tampak pucat. Sedangkan gejala lain yang sering dirasakan adalah cepat lelah, susah tidur, lesu, serta nafsu makan berkurang yang juga sering disertai dengan konsentrasi yang menurun, sakit kepala, mata berkunang kunang jika bangkit dari duduk.


Jadi apakah sebenarnya anemia itu? Anemia merupakan penyakit kurang darah yang ditandai dengan penurunan kadar hemoglobin (HB) dan sel darah merah. Beberapa sebab anemia adalah gizi buruk, pendarahan, dan juga gangguan penyerapan pada usus. Kekurangan zat besi juga menjadi penyebab utama terjadinya anemia, di mana zat besi sangat penting bagi pembentukan sel darah merah, karena sel darah merah berfungsi untuk menghantarkan oksigen ke seluruh bagian utbuh kita melalui HB. Jika HB rendah, maka proses penghantaran oksigen menjadi kurang lancar dan kemudian dapat menyebabkan gejalan lemah, lesu, sesak nafas dan jantung berdebar debar.


Asupan gizi yang kurang juga dapat menjadi penyebab anemia, anemia dapat dialami oleh orang dari berbagai macam usia. Tapi yang paling sering dan banyak terkena adalah wanita dan anak anak di usia pertumbuhan nya. Pada wanita anemia sering ditemukan akibat pendarahan saat menstruasi ataupun di saat melahirkan.


Untuk mengatasi anemia anda harus memperhatikan asupan zat besi di tubuh, zat besi dapat diperoleh dari sayur sayuran hijau, buah dan kacang kacangan.  Namun sumber nabati ini sangat sedikit yang bisa di serap oleh tubuh, untuk memaksimalkan penyerapannya maka anda dapat mengkonsumsi vitamin c seperti jambu biji, jeruk, dan mangga. Hindari teh atau kopi setelah makan, karena keduanya dapat menghambat penyerapan zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar