Kamis, 31 Mei 2012

Inilah rahasia dibalik kepala burung pelatuk

Share on :
Setiap detik, Burung pelatuk membenturkan kepalanya sekitar 20 kali benturan. Akan tetapi, burung kecil ini sama sekali tidak mengalami kesakitan.
Kekuatan burung pelatuk yang dapat mematuk berkali-kali berada pada ototnya yang padat dan kuat yang ada di lehernya. ALLAH menciptakan otot ekstra pada kepala burung yang membuat burung ini tak merasa kesakitan. Otot tersebut berfungsi seperti helm pelindung otak. SubhanaLLah... Otak burung pelatuk juga terjaga oleh otot dan tulang kepalanya, yang membuat membuat otak burung tidak berguncang-guncang saat sedang mematuk-matuk cabang pohon.

Sepermilidetik sebelum mematuk, ototnya akan berkonstraksi. Dan kemudian kelopak mata dalamnya yang berfungsi seperti sabuk pengaman mata menutup. Perlengkapan keamanan di kepala burung ini sangat penting, terutama burung pelatuk jantan yang mematuk 12.000 kali tiap hari selama musim kawin. Karena burung ini hanya mematuk dengan patukan lurus pada pohon, dia mencegah trauma kepalanya dengan bergerak dari satu sisi ke lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar