Kamis, 31 Mei 2012

1 juni hari lahirnya pancasila

Share on :
Tanggal 1 juni , ditanggal inilah negara kita mempunyai dasar negara ideologi yang paling hebat di seluruh dunia . Tapi kenapa sedemikian hebatnya ideologi pancasila tidak bisa mendamaisejahterakan bumi indonesia , masih saja ada hal-hal buruk dalam negara kita .
Itu karena dalam diri masing-masing individual anak bangsa sudah lupa akan kehebatan pancasila tersebut . Sudah tidak ada lagi pengaplikasian akan ideologi Pancasila di negeri kita , sehingga bagaikan bangsa yang mati dalam kegelapan kebingungan mencari cahaya terang .


Contoh saja di sila 1 yaitu Ketuhanan yang Maha Esa
masih banyak saat ini agama-agama yang menjelek-jelekan agama lain karena masing-masing agama akan yakin dengan kebenaran masing-masing . Padahal ditegaskan dalam sila 1 bahwa masing-masing agama harus saling menghormati dan menghargai .


Sila ke 2 juga Kemanusiaan yang adil dan beradab saat ini banyak sekali orang yang saling membunuh , mencuri hak orang lain dan pemerkosaan dimana-mana , apa ini yang disebut dengan adil dan beradab .


Contoh lagi sila ke 3 Persatuan Indonesia Bersatu tanpa memandang perbedaan apapun suku,ras dll yang ada di bangsa indonesia . Tapi kita lihat saat ini yang paling marak adalah beberapa partai politik , satu partai menjatuhkan partai yang lain mereka saling gencar akan kebenaran partai masing-masing , padahal seharusnya mereka bersatu untuk membuat bumi indonesia ini menjadi damai dan sejahtera .


Sila ke 4 , Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan perwakilanKerakyatan yang dipimpin, rakyat harus punya pimpinan , memang kita sekarang punya pimpinan tapi saat ini fenomena yang terjadi rakyat sudah tidak memiliki kepercayaan lagi kepada sang pemimpin dikarenakan dijanjikan suatu hal yang selalu dijanji-janjikan.


Sila ke 5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Apa sekarang sudah adil , kalau kita lihat fenomena yang ada yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin , sudah tidak ada lagi keseimbangan dalam kehidupan di Indonesia .
Teman-teman nusantara seluruhnya maka dari itu kita sebagai generasi bangsa tancapkanlah ideologi Pancasila pada diri kita masing-masing , yakinilah bahwa yang namanya malam pasti akan berganti siang , sama juga dengan keadaan di Indonesia kita. Pasti ada kalanya kita dalam keterpurukan tapi juga pasti ada waktunya kita menuzu zaman keemasan. Salah satunya gerbang kemerdekaan sudah di bukakan oleh Presiden pertama kita Pak Soekarno , beliau lah yang membukakan kemerdekaan bagi Indonesia jembatan menuju keemasan, nah saat ini waktunya kita generasi muda tinggal membuka Gerbang Cahaya Keemasan yang kita tunggu-tunggu sejak lama maka dari itu kita sebagai anak nusantara tetap selalu belajar untuk menatap masa depan yang sudah terbuka ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar