Sabtu, 13 Oktober 2012

Robot Pantat Dari Jepang Yang Dapat Merespon Sentuhan...

Share on :

Terdengar agak aneh memang. Namun saya rasa ini bukanlah ide yang buruk menambahkan sedikit "rasamanusiawi" ke dalam sistem robotika. Dimana robot tidak hanya dapat merespon perintah saja, tetapi jugadapat merasakan sentuhan dan menanggapinya layaknya manusia.

Adalah Nobuhiro Takahashi, melalui ciptaannya yang disebut SHIRI yang merupakan sebuah robot pantatyang bisa memberikan respon yang berbeda terhadap sentuhan dari orang yang berbeda terhadap "pantat" tersebut. SHIRI sendiri dalam bahasa Jepang artinya memang "pantat".

Takahashi berharap prototipe buatannya ini kelak bisa diterapkan pada bagian lain dari robot, terutamahumanoid, seperti pada bagian wajah, tangan, dan bagian lainnya. Namun saat ini konsentrasinya masih pada respon sentuhan pada bagian bokong. Karena menurutnya bagian inilah bagian yang penuh dengan emosi sentuhan.

Untuk memberikan rasa takut pada robot, Takahashi memberikan respon bergetar pada robot SHIRI ini. Ini masih mending dari pada diberikan respon asli manusia, bisa-bisa kita dipukul. Tentu rasanya beda dipukul manusia dengan dipukul robot yang terbuat dari besi dan baja bukan??? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar