Kamis, 07 Juni 2012

Wah wah.. Rumput laut bisa picu kanker pada wanita

Share on :
Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi rumput laut secara teratur oleh wanita pada masa pascamenopause dapat meningkatkan risiko kanker tiroid. Mereka mengaitkan kasus ini dengan yodium yang terdapat dalam makanan makrobiotik.

Penelitian  dilakukan selama 14 tahun pada hampir 53.000 wanita Jepang yang berumur antara 40 hingga 69 tahun. Hasil penelitian menujukkan  bahwa dalam kelompok ini muncul 134 kasus kanker tiroid dan 113 kasus penyakit papiler karsinoma. Wanita yang mengonsumsi rumput laut setiap hari memiliki kemungkinan 1,7 lebih tinggi untuk terkena kanker dibandingkan wanita yang memakannya dua kali dalam seminggu.
Risiko ini bahkan bertambah dua kali lipat pada wanita yang berada pada masa pascamenopause, dan kemungkinan 3,8 kali lebih besar untuk terkena kanker dibandingkan dengan orang yang memakan sedikit rumput laut.
"Rumput laut jelas  berkaitan dengan meningkatnya risiko tekena penyakit papiler karsinoma." kata peneliti di National Cancer Center and National Institute for Environmental Studies.
Berdasarkan penelitian di European Journal of Cancer Prevention, masih belum jelas mengapa wanita pada masa pascamenopause memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker. Namun, kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan yodium yang ada pada rumput laut.

Wanita Jepang memiliki risiko yang tinggi karena mereka memiliki kebiasaan memakan rumput laut yang mengandung 80 persen yodium. Meski demikian, dalam penelitian ini tidak menyebutkan seberapa banyak rumput laut yang dikonsumsi oleh partisipan dalam  rentang penelitian tahun 2003 hingga 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar