Rabu, 19 September 2012

5 CARA MENIKMATI HIDUP SINGLE / JOMBLO / SENDIRI

Share on :

Beberapa orang beranggapan bahwa hidup single itu tidak menyenangkan dan hidup jadi tidak berwarna. Tidak peduli apakah mereka hidup single karena pilihan atau karena belum mendapatkan jodoh,  kesepian seperti menjadi suatu ancaman serius yang bisa merusak kebahagiaan. Ujung-ujungnya mereka menjadi depresi dan mencari pelarian dari rasa kesepian itu. Narkoba, kehidupan malam, kumpul kebo, bahkan bunuh diri biasanya menjadi pelarian yang lazim dilakukan.
Apakah hidup single memang seburuk itu? Dengan tegas aku katakan TIDAK. Bahagia atau tidak itu sebenarnya dipengaruhi pikiran kita sendiri. Ketika sudah tertanam di otakmu bahwa single itu adalah aib, maka ketika kamu mengalami situasi ini, kehidupanmu juga akan berubah menjadi negatif. Mulai sekarang ubahlah pola pikirmu, bahwa kebahagiaanmu ada di tanganmu sendiri, bukan di tangan orang lain. Yang menentukan kamu bisa bahagia atau tidak adalah dirimu sendiri. Latihlah pikiranmu dengan melakukan “5 Cara Bagaimana Menikmati Hidup Single / Jomblo / Sendiri” di bawah ini:
1.Abaikan orang yang berkata negatif
Di lingkungan kita, seringkali kita menemukan orang-orang yang seperti ini. Tidak usah jauh-jauh, orang tersebut bisa saja teman atau saudara kita sendiri. Kata-kata seperti, “Ahh, cupu lo belum punya cewek/cowok”, “Kasian deh gak laku-laku”,  atau “Sampai kapan mau single? Cepetan cari pacar sana.” adalah beberapa contoh kata-kata yang sering dilontarkan. Kata-kata ini seolah-olah mengindikasikan bahwa single itu adalah “kesalahan”. Mungkin mereka bermaksud bercanda, tapi beberapa orang single sering menganggap ini sebagai suatu masalah serius. Saranku adalah, jangan pernah mengambil hati kata-kata seperti ini. Pacaran itu adalah komitmen dan suatu proses pembelajaran untuk saling mengenal. Bukan STATUS! Bukan status yang dipasang di Facebook untuk dibangga-banggakan, bukan untuk dipamerkan di depan teman-teman kita. Biarlah kita hidup single daripada memaksakan diri untuk mencari pacar, tapi ujung-ujungnya bertengkar karena dari awal kita mencari orang yang tidak benar-benar kita cintai.
2.Fokus pada persahabatan
Satu hal yang harus kita tanamkan adalah single tidak sama dengan kesepian. Malah, kita memiliki kebebasan yang lebih untuk menghabiskan waktu bersama sahabat kita. Ingatlah bahwa jika kita sudah memiliki komitmen dengan pacar kita, otomatis waktu untuk kita bersama sahabat juga akan berkurang. Single atau In A Relationship adalah dua hal yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, begitu juga hal-hal lain di dunia ini. Semuanya tergantung dari kita untuk fokus pada kelebihan atau kekurangan. Sayangnya orang yang hidup single cenderung fokus pada kekurangannya saja. Inilah yang harus diubah.
3.Nikmati kebebasanmu
Selain bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan sahabat, kelebihan lain dari hidup single adalah kita bebas untuk berekspresi tanpa takut untuk menyinggung pacar kita. Kita bisa sesuka kita untuk bermain game tanpa takut diomelin pacar karena lupa menjemput, kita bisa menonton film tanpa takut diganggu telepon pacar saat film lagi seru-serunya, kita bisa fokus dalam membangun karir/belajar tanpa takut pacar yang lagi bete menghancurkan mood kita. Lihat kan? There’s so much more than meets the eye, banyak hal yang bisa kita lihat dari kehidupan single. Sekali lagi, tergantung pola pikir kita saja.
4.Membaca buku atau mendengarkan musik yang menginspirasikan dirimu
Bacalah buku-buku yang mengajarkan kamu untuk mensyukuri dan menikmati hidup. Bacalah kisah-kisah inspiratif yang membuat kamu selalu bersemangat. Dengarkan juga musik yang membangkitkan rasa optimismu. Hindari musik-musik patah hati yang membuatmu semakin merasa depresi. Mendengarkan lagu-lagu seperti itu sebenarnya bagus untuk menyalurkan kesedihan tapi hanya efektif untuk sesaat, tidak untuk sepanjang waktu.
5.Pacaran/Menikah adalah sebuah “pilihan gaya hidup” bukan sebuah “tuntutan”
Pacaran harus menjadi sebuah pilihan bukan karena tuntutan masyarakat, keluarga, atau teman kita. Kita memilih pacaran karena memang hati kita yang berkata ‘ya’. Jangan pernah beranggapan bahwa “jika aku pacaran, maka aku akan bahagia”. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu karena pacaran tidak ada kaitannya langsung dengan kebahagiaan. Kebahagiaan tidak akan pernah timbul dari suatu hal yang dipaksakan.
Nah, kesimpulan dariku adalah single atau pacaran semestinya bukanlah hal yang bisa mempengaruhi kita untuk menikmati hidup. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kerugian. So, pada akhirnya semuanya kembali pada sudut pandang kita sendiri. Persamaan lainnya adalah keduanya mengharuskan kita untuk bertanggung jawab. Bertanggung jawab pada diri sendiri... Dan orang lain...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar