Kamis, 05 Juli 2012

Wah,, Kaki Bau Penangkal Ampuh Nyamuk Malaria?

Share on :
Kaki bau ternyata mampu membantu para ilmuwan melawan nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria, sumber Associated Press melaporkan Rabu (143/7). Penggunaan kelambu dan obat semprot nyamuk di dalam ruangan secara substansial memang telah mampu mengurangi jumlah kasus fatal akibat malaria, tapi sejauh ini para ilmuwan belum menemukan cara terbaik untuk melawan nyamuk penyebab malaria di luar rumah. Dr Fredros Okumu, kepala proyek penelitian di Institut Kesehatan Ifakara di Tanzania, menyatakan bahwa perangkap beraroma dengan menggunakan bau kaki manusia mungkin adalah jawabannya.

Menurut penelitian, bau kaki manusia dapat menarik nyamuk empat kali lebih banyak. Okumu membuat perangkap beraroma bau kaki dan ternyata mereka terbang ke dalam perangkap tersebut kemudian diracuni.

Yayasan Bill dan Melinda Gates serta Grand Challenges Canada mengungkapkan, Rabu (13/7), mereka memberikan Okumu dana senilai USD 775.000 untuk membuat perangkap nyamuk murah dan terjangkau rakyat banyak yang dapat digunakan di luar rumah.

1 komentar: