Rabu, 11 Juli 2012

Otak Juga Perlu Makan

Share on :
Otak ternyata juga membutuhkan makanan khusus agar bisa bekerja dengan maksimal dan meningkatkan kesehatannya. Berikut ini =lah makanan yang dibutuhkan oleh otak.

1. Tiram


Tiram sangat bermanfaat untuk membantu agar pikiran tetap tajam dan menajamkan daya ingat karena kaya akan mineral seng dan zat besi.

2. Biji-bijian

Biji-bijian yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah beras merah, oatmeal, roti whole grain, gandum, dll. Biji-bijian tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan sangat menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak karena mengandung banyak vitamin B6, yang penuh dengan tiamin yang bagus untuk meningkatkan daya ingat.

3. Tea / Teh Hijau

Teh baik itu teh hijau ataupun teh hitam sangat bermanfaat bagi otak karena mengandung catechin yang berguna untuk menjaga pikiran tetap tajam, segar, dan berfungsi dengan baik serta membantu mengurangi kelelahan mental dan menjadikan otak lebih rileks.

4. Telur

Telur mengandung banyak vitamin B12 yang membantu melawan penyusutan Otak serta lesitin. Kuning telur juga mengandung kolestero dan kolin yang tinggi yang membantu meningkatkan daya ingat dan membangun sel otak.

5. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh ini sangat bermanfaat untuk menjaga otak tetap segar dan dapat membantu melawan penuaan otak

6. Buah Berry

Buah Berry sangat baik untuk meningkatkan keterampilan motorik serta kemampuan belajar secara keseluruhan dan membantu meningkatkan kesehatan otak serta dapat meningkatkan daya ingat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecan, biji labu, biji bunga matahari dan lain-lain, sangat baik untuk otak karena mengandung Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E, dan vitamin B6 yang dapat membantu otak agar bisa berpikir jernih.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat membatu otak anak-anak dan dewasa untuk membantu mempertajam daya ingat karena sayuran hijau banyak mengandung vitamin B6, B12, dan folat.

7. Ikan

Ikan penuh dengan Omega-3 yang berguna bagi tubuh, terutama otak untuk mempertajam serta meningkatkan daya ingat otak.

8. Cokelat

Yang terakhir adalah coklat. Coklat mengandung banyak antioksidan dan sangat bergizi untuk otak. Antioksidan utamanya adalah kakao, yang dikenal sebagai flavonol yang sangat penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar