Rabu, 23 Mei 2012

Suara musik yang bervolume tinggi bisa menghilangkan stress

Share on :
Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami banyak masalah sehingga ujung ujungnya masalah yg bertumpuk tersebut menjadi beban dan membuat kalian stress. Stress ini pun bisa hanya stres ringan saja atau sampai bisa stress berat yang mana bisa menyebabkan terganggunya aktivitas kalian sehari hari. Nah, jika tidak di cegah secepat mungkin, hal ini tentu saja bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk dan menyebabkan masalah lainnya yang berkepanjangan. Hal terburuk nya anda bisa depresi! Nah untuk mencegah hal tersebut kita harus mempunyai jurus jitu untuk menghilangkan stress yang anda emban sekarang ini. Sebenarnya untuk mengatasi stress pada setiap orang itu berbeda beda.

Namun, sebuah studi membuktikan bahwa sebagian besar masyarakat saat ini memilih musik untuk melampiaskan stress mereka. Bisa di akui mendengarkan musik bisa menjadi sarana pengontrolan emosi yang sedang tren saat ini. entah dimana saja anda berada. Di saat suntuk anda kebanyakan akan memutar musik lewat handphone atau ipod kalian. Namun hal ini bukan hanya omong kosong karena akuilah tanpa kamu sadari musik adalah hal yang kalian butuhkan di saat saat jenuh. Terlebih lagi ketika kalian sedang stress karena suatu permasalahan.

Kalian akan memutar musik dengan volume tinggi! Entah itu di kamar sambil ikut menyanyi menjerit jerit atau saat anda clubbing dan berjingkrak jingkrak dengan musik bertempo cepat! Mengapa? Awal nya anda pasti berharap jika rasa kekesalan dan rasa jenuh anda akan hilang seiring dengan mengalunnya musik tersebut. Tidak perduli genre musik apa yang sedang anda dengarkan. Dan hal itu terbukti! Setelah mendengarkan musik yang volume keras, beban perasaan anda pun semakin berkurang. Musik itu sendiri merupakan sebuah susunan instrumen yang membentuk suatu nada indah yang selaras. Saat mendengarkan musik otak akan mengambil peran penting saat itu. Otak akan bekerja dan menafsirkan aliran musik sehingga dapat menguasai prasaan anda. Nantinya otak kita akan meningkatkan kadar berbagai macam zat kimiawi seperti Endorphin yang lalu akan disebarkan ke seluruh tubuh.

Don Campbell dalam buku karangan nya yang berjudul Mozart Effect mengatakan bahwa zat endorphin ini mampu meredakan rasa sakit yang ada dalam tubuh dan juga bisa mengatur suasana hati. Zat ini juga mampu melepaskan syaraf syaraf tegang akibat beraktivitas. Musik memang kaya akan manfaat. Pada zaman dahulu saja musik digunakan sebagai terapi untuk menyembuhkan penyakit jiwa. Dan hal tersebut masih berlangsung hingga sekarang. Sebuah studi mengungkapkan ada sekitar sepertiga orang di muka bumi ini mendengarkan musik untuk menimbulkan rasa semangat saat mereka sedang bekerja.

Dan satu dari empat orang mengaku mendengarkan musik di saat dalam perjalanan mereka ke kantor untuk menghilangkan stress. Dan dengan memutar musik yang volume nya keras, terlebih musik tersebut adalah musik favorit anda. Anda akan terbawa suasana dan diharapkan juga ikut menyanyi serta menghayati musik yang mengalun. Dan jika berhasil, musik yang anda dengarkan akan membantu anda memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah , meringankan trauma yang anda derita dan juga menghilangkan keluhan dan depresi anda secara bertahap. Nah, tunggu apa lagi? Let’s play the music!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar